Semenjak
seri Pixma 1300 dikeluarkan, Canon menanamkan kode error yang sama pada
printer-printernya, termasuk beberapa jenis printer terbaru, sebut saja IP2770.
Printer-printer ini akan memberikan kode berupa kode kedip (blinking error
code) jika mengalami masalah. Apa saja pesan error dibalik Printer Canon yang
nge-blink tersebut? Silakan simak dalam catatan singkat berikut.
Hal yang
paling umum terjadi adalah, saat printer dinyalakan lampu green nyala penuh
(baca=normal) tanpa berkedip. Namun kemudian ketika dipakai untuk print baru
berkedip dan disertai jendela peringatan di layar monitor Anda seperti
ilustrasi di bawah ini, berarti Printer melaporkan bahwa tinta Cartridge Anda
diduga telah habis. Kasus ini hanya terjadi setelah pemasangan cartridge baru
atau pengisian ulang dengan cartridge original. Penghitungan waktu habisnya
tinta ini didasarkan pada jumlah pemakaian printer dan proses maintenance
(cleaning dan deep-cleaning) yang telah dilakukan. Jadi terkadang pelaporan
bahwa tinta printer telah habis tidak selalu sama dengan kondisi riil. Apalagi
jika Printer Anda telah menggunakan infus tinta.
Solusinya: Sesuai yang tertera dalam jendela peringatan di monitor Anda, silakan tekan tombol Resume minimal 5 detik kemudian lepaskan.
Selain hal
di atas, ada beberapa pesan error yang perlu dibaca berdasarkan jumlah kedip
lampu indikator sebagai berikut:
- 7kali hijau-orange berkedip
bergantian, atau
1x hijau, 1x orange,1x hijau, 1x orange, 1x hijau dst.
Artinya: Waste Ink Pad Full / Ink Absorber Full.
Solusi: Anda perlu membersihkan/mengganti busa penyerap tinta di bagian bawah printer. Kemudian Printer anda perlu direset dengan software khusus. Untuk Pixma seri IP2700 Anda dapat menemukan panduan lengkapnya dalam posting saya yang berjudul - 3x orange 1x hijau.
Artinya: Ada kerusakan di mekanik printer.
Solusi: Dalam kasus ini sebaiknya Anda membawa printer Anda ke service center. - 4x orange 1x hijau.
Artinya: Printer absorber full (Waste Ink Pad Full).
Solusi: Printer anda perlu di reset dengan software seperti di atas. - 5x orange 1x hijau
Artinya: Cartridge warna/hitam rusak.
Solusi: cek cartridge di printer bertipe sama yang lain, kemudian ganti cartridge warna/hitam yang rusak.
NB: Kerusakan cartridge bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain : chip IC rusak, kotornya konektor, korslet karena tinta, dll. - 7x orange 1x hijau
Artinya: Cartridge Warna rusak.
Solusi: Ganti cartridge warna. - 8x orange 1x hijau:
Artinya: ink tank full.
Solusi:Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter. - 14x/15x orange 1x hijau
Artinya: Cartridge hitam rusak.
Solusi: ganti Cartridge hitam, selesai.
PERMASALAHAN DAN PERBAIKAN
Cetakan pada Kertas Kabur
Cetakan kabur biasanya terjadi karena salah satu kondisi berikut:
toner/tinta printer sudah mulai habis, ketebalan cetak terlalu rendah,
economode printing diaktifkan. Untuk dua kondisi terakhir Anda bisa melihatnya
dari printer self-test (biasanya ada tombol terpisah pada printer). Jika
economode diaktifkan, dan user mengeluh bahwa hasil cetak kabur, nonaktifkan
dan/atau set ketebalan cetak lebih tinggi. Jika toner/tinta mulai habis,
menggoyang-goyangkan cartridge supaya toner/tinta lebih merata bisa mengatasi
masalah secara sementara sampai Anda mengganti cartridge.
Berbayang
Berbayang merupakan kondisi dimana gambar
tercetak dengan baik, tapi ada gambar sama yang lebih terang yang juga
tercetak. Ini bisa terjadi karena outlet listrik yang mensuplai listrik ke
printer. Cek outlet listrik dengan menghubungkan printer lain untuk melihat
apakah masalah yang sama muncul. Berbayang juga bisa disebabkan karena
penggunaan spare part berkala yang hampir habis masa pakainya (misalnya drum
atau imaging kit). Semua spare part berkala mempunyai masa pakai untuk sejumlah
kertas tertentu. Begitu printer mencapai angka yang ditentukan, Anda harus
mengganti spare part tersebut untuk menghilangkan bayangan.
Toner Luntur
Jika hasil cetak luntur pada waktu disentuh dengan tangan, ada beberapa
kemungkinan yang penyebabnya. Pertama, fuser rusak atau hampir habis masa
pakainya. Solusinya adalah dengan menggantinya. Memperbaiki fuser tidak dianjurkan
karena fuser termasuk spare part berkala dan tidak perlu membuang waktu dan
tenaga untuk memperbaikinya. Kedua, toner cartrigde mungkin rusak sehingga
terlalu banyak toner yang keluar. Pada printer laser hitam-dan-putih, solusinya
adalah dengan mengganti toner cartrigde. Pada printer laser warna, ganti
cartrigde yang bermasalah. Ketiga, ada toner yang tumpah di printer. Jika ya,
ada harus membersihkannya.
Kehilangan
Driver untuk Operating System Tertentu
Begitu operating system baru dirilis, driver
baru untuk printer eksisting juga akan dirilis. Namun, tidak semua printer
mempunyai driver untuk setiap OS. Pada kasus ini, yang terbaik adalah mengacu
ke manual printer dan cari driver apa yang bisa menyimulasikan printer
eksisting. Meskipun tidak semua fungsi printer tersedia pada waktu simulasi,
paling tidak masih bisa mencetak biasa. Sebagai contoh, sebagian besar printer
HP masih bisa mencetak dengan driver HP LaserJet II, meskipun opsi tertentu,
seperti duplexing, tidak akan bekerja.
Mencetak dari
Paper Tray yang Salah
Lihat dua tempat untuk memperbaiki error ini. Pertama, lihat pada PC
yang mencetak. Kedua, lihat printer. Jika aplikasi diset ke paper tray yang
salah, Anda bisa memperbaikinya dari dalam aplikasi dengan mengklik Printer Properties
dan cari opsi pemilihan tray. Pada printer, pastikan ukuran kertas di paper
tray sudah cocok dengan yang di control panel.
Menarik
Semua Kertas dari Tray
Jika printer menarik semua kertas dari
tray (bukannya satu lembar), maka kemungkinan besar pad yang bertanggung jawab
untuk memisahkan kertas sudah rusak dan perlu diganti. Anda bisa memesan dan
menginstalasi pad baru tanpa harus mengirim printer ke tempat reparasi. Selain
itu, bisa juga disebabkan karena kertas basah akibat kelembapan. Pastikan
kertas tersimpan dengan baik dan kibas-kibaskan sebelum dimasukkan ke dalam
printer.
Sedot saja kembali tinta yang mbludak dan bersihkan headnya dengan tisue basah.
Port cartride basah
Bersihkan dengan tisue kering atau kain yang halus.
Sensor port printer rusak
Silahkan beli printer baru. Karena harga sensor tidak begitu jauh dengan harga printer, itupun belum tentu ada.
Kartridge rusak
Jika cara 1 & 2 tidak berhasil berarti kartride anda telah rusak. Silahkan beli yang baru.
Kartridge kering karena lupa mengisi terkadang juga akan menjadi masalah, karena meskipun telah diisi ulang tapi hasil tidak sempurna karena head berkerak. Solusinya adalah rendam head kartride anda dengan air panas sedalam kurang lebih 1/2 cm sekitar 1/2 jam, kalau perlu tiup dari lubang atas. Atau dapat juga anda rendap di cairan alkohol sebagai pengganti air panas. Jika cara itu tidak berhasil, bawa saja ke bengkel, karena bengkel punya alat penyedot kusus untuk mengatasi masalah itu.
Tips:
Jika anda membawa printer dengan kendaraan sepeda motor, lepaskan cartride anda dan taruh di tas atau saku. Bila perjalanan jauh, lebih baik anda sedot dulu saja tintanya. Jika tidak ingin kartride anda rusak/mati.
udah saya ganti katried baru tapi tetap aja gan masuh kedip kuning 7x ijo 1x..gimana gan?
BalasHapusudah saya ganti katried baru tapi tetap aja gan masuh kedip kuning 7x ijo 1x..gimana gan?
BalasHapusbanting aja
BalasHapusMisi gan, izin share ya...
BalasHapusASPIRE E3-112-CU5P Win 8.1
Price Rp 3.499.000
Spesifikasi Produk
Intel Dual Core N2840 - Up to 2,58GHz / Memory 2GB / 500GB / 12" / Bluetooth / Win 8.1 - Silver/ Blue/ Pink
Pusat Belanja Komputer
Terimakasih :)
mas kalo nama printer gak dideteksi adobe reader itu masalahnya ndek mana ya? soale cuma ndek adobe reader yang gak didetek. selain itu (word, excel, powerpoint) bisa.
BalasHapusditunggu jawabanya.
terima kasih.