Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Teknologi Informasi di Berbagai Bidang

Manfaat  internet
            Internet adalah salah satu penemuan paling berpengaruh sepanjang masa. Dengan internet orang dapat mengakses informasi di berbagai server di seluruh dunia.  Di kemajuan teknologi sekarang ini internet telah tersebar di berbagai bidang seperti pendidikan,pemerintahan,bisnis dan lain-lain. Berikut adalah manfaat dari internet dalam berbagai bidang :

1.      Bidang Pendidikan
Manfaat internet dalam bidang pendidikan yaitu kita dapat menambah ilmu dengan seluas-luas nya secara bebas. Kita dapat mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan pendidikan di internet,salah satunya yaitu melalui :

  •   E-Journal
Electronic Journal atau yang biasa kita kenal dengan sebutan e-journal adalah jurnal pelajaran atau majalah intelektual yang dapat diakses via elektronik, dan biasanya di publikasikan di web.
Di e-jurnal kita dapat mengakses atau memposting jurnal secara online. Sekarang ini sudah banyak web yang menyediakan akses jurnal secara bebas, bahkan kebanyakan universitas memiliki web journal  masing-masing.
Dengan adanya e-journal ini kita lebih dimudahkan untuk mencari referensi pelajaran, penelitian karya ilmiah,dan menambah ilmu pengetahuan secara online,  selain itu juga menghemat biaya  tentunya. Web penyedia journal online yaitu



2.       Bidang Kesehatan
           Di bidang kesehatan internet juga berperang penting, baik sebagai sumber pengetahuan ilmu kesehatan maupun pelayanan kesehatan secara online.
  • E-Health 

adalah suatu aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup fungsi  yang mempengaruhi sektor kesehatan. E-healt juga kerap disebut sebagai pemanfaatan bisnis di bidang kesehatan dengan mengkombinasikan pemanfaatan komunikasi elektronik dan teknologi informasi pada bidang kesehatan, baik di tempat sendiri (lokal) maupun di klinik yang jauh, untuk tujuan klinik, pengajaran dan administratif. Salah satu web e-health yaitu  http://www.ehealth.gov.au


3. Bidang Kependudukan
               Internet turut berperan dalam kependudukan, seperti akses data kependudukan secara online.
  • E-ktp

         E-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. 
Program e-KTP diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada bulan Februari 2011 dimana pelaksanannya terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 2011 dan berakhir pada 30 April 2012 yang mencakup 67 juta penduduk di 2348 kecamatan dan 197 kabupaten/kota. Sedangkan tahap kedua mencakup 105 juta penduduk yang tersebar di 300 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Secara keseluruhan, pada akhir 2012, ditargetkan setidaknya 172 juta penduduk sudah memiliki e-KTP. 
Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu.

4. Bidang Bisnis
         Karna cakupan internet yang luas dan mendunia, memudahkan kita dalam hal berbisnis secara online. Kita dapat memasarkan usaha,jasa ataupun karya kita melalui internet yang membuat peluang akses dengan konsumen lebih mudah.
Salah satunya yaitu :
  • E-Commerce

E-commerce atau perdagangan elektronik ialah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, dan sistem pengumpulan data otomatis. Sekarang telah banyak web yang berhubungan dengan e- commerce salah satunya http://www.ecommerce.com/



5. Bidang Keuangan
        Internet juga berperan penting dalam bidang keuangan salah satunya yaitu perbankan. Dengan adanya internet memudahkan kita dalam hal transfer uang ,pembayaran secara online dll.

  • E- Banking

E-banking atau internet banking adalah proses  transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dengan e-banking kita dapat mengakses proses transaksi bank dimana saja selama tersedia jaringan internet. Kebanyakan bank telah memiliki website e-banking masing-masing yang dapat kita akses dengan mudah.



Jadi, itulah beberapa manfaat internet di berbagai bidang. Mohon maaf bila ada kekurangan.


ket : foto dari berbagai sumber.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar